"Kenapa lu, sis, mukanya suram amat?"
"Lagi depresi nih, sidang akhir ditunda, ribut mulu sama pacar, semua gara-gara WFH"

Cuplikan percakapan dua pemudi yang tidak jarang didengar. Tapi apakah bisa dikatakan itu sebagai gejala depresi? Bisa iya bisa tidak.
Depresi merupakan gangguan mood seseorang menjadi sangat rendah yang dialami dalam rentang waktu 2 bulan lebih. Beberapa ciri-ciri seseorang mengalami depresi:
  1. sering merasa sedih atau mood yang rendah
  2. Kehilangan minat bahkan pada hal-hal yang biasanya menyenangkan
  3. Kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis
  4. Penurunan cara berpikir dan bergerak
  5. Merasa lelah setiap hari
  6. Merasa tidak berharga dan sering merasa bersalah
  7. Sulit berkonsentrasi dan mengambil keputusan
  8. Keinginan dan pikiran untuk melukai bahkan bunuh diri

Kita perlu berhati-hati jika 5 gejala tersebut terus dirasakan. Faktor kamu mengalami depresi semakin besar jika ada riwayat masalah gangguan mental dalam keluarga, mengalami permasalahan traumatik seperti kehilangan, kematian dan relasi. 
Kalau kita mengenal orang yang mengalami depresi atau bahkan kita sendiri maka jangan terus menghakimi dengan kata-kata negatif. Dalam kasus tertentu, terkadang akan dibutuhkan bantuan medis dan ini adalah hal yang normal sama seperti kita sedang mengalami sakit fisik.
Salah informasi juga dapat memperparah keadaan kamu, jadi perlu berhati-hati ya. Jika memerlukan informasi lebih lanjut mengenai masalah depresi, dapat mengunjungi website kami kenalkonseling.com untuk percakapan online.

0 Komentar